THIFAN PO KHAN, seni bela diri islami


Assalaamu’alaykum.

Hmm, pernah mendengar nama kungfu shaolin? atau mungkin nama Bruce Lee?

Saya rasa rekan-rekan sudah tidak asing dengan jawaban pertanyaan saya di atas.

Thifan merupakan bela diri yang dikembangkan para da’i dari perkampungan muslim china utara. Telah ditinggalkan segala hal yang bertentangan dengan syar’i dan telah dipergunakan untuk berdakwah sekian lama.

Hadirnya generasi muslim sudah menjadi dambaan dan kebutuhan bagi kemashlahatan kaum muslimin saat ini. Pembinaan pribadi-pribadi muslim yang terpadu menjadi kunci untuk membentuk generasi tersebut sehingga mereka mampu menjawab berbagai tantangan zaman. Konsep pembinaan yang terpadu tersebut harus mencakup semua sisi, baik dari sisi akal, ruh, maupun jasad. Keseimbangan ketiga sisi merupakan hal yang mutlak. Kekurangan atau ketimpangan dari salah satu sisi tersebut akan mempengaruhi sisi yang lain dan berpotensi menjadi kendala.
Sebagaimana dua sisi yang lain, Islam menaruh perhatian pada pembinaan jasad.
Di dalam Al-Quran Alloh berfirman:
Dan siapkanlah bagi mereka apa yang kamu sanggupi dari kekuatan(Q.S. Al-Anfal:60)
Dalam sejarah, Rasulullah dan para shahabatnya mencontohkan bagaimana mereka melakukan pembinaan jasadiyah. Mereka terbiasa melakukan aktifitas berkuda, memanah, berlatih pedang, bergulat, dsb.

Dalam sebuah hadits Rasulullah bersabda:
Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah SWT dari mukmin yang lemah

Selain memiliki akhlaq yang mulia, ibadah yang tekun dan kecerdasan, Rasulullah dan para shahabatnya adalah orang-orang yang memiliki keterampilan fisik yang luar biasa. Seorang jago gulat di Mekkah pernah menantang Rasulullah dan mengatakan bahwa tidak pernah ia bergulat selelah itu saat bergulat dengan Rasulullah. Umar bin Khattab pernah bergulat dengan beberapa orang dari pagi sampai sore, sedangkan Saad bin Abi Waqas mahir memanah dan Ali bin Abi Thalib merupakan sahabat yang mahir memainkan pedang.

Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan dari kuda kuda yang ditambat untuk berperang (yang dengan persiapan itu) kamu menggentarkan musuh Allah, musuhmu dan orang-orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya; sedang Allah mengetahuinya. Apa saja yang kamu nafkahkan pada jalan Allah niscaya akan dibalas dengan cukup kepadamu dan kamu tidak akan dianiaya (dirugikan) (QS al an faal : 60)

About these ads
  1. apa sih bedanya antara thifan berbaju merah dan hijau? mohon dijelaskan…

      • Muhammad Fachrie
      • July 7th, 2009

      saya coba jelaskan sepengetahuan saya tentang thifan po khan.

      Sebenarnya ada tiga aliran thifan po khan: aliran tsufuk (memakai baju merah), baju biru, dan baju hijau (saya lupa nama alirannya). Pada dasarnya semua aliran itu sama, misalnya jurus2 yang dipakai. Yang membedakannya itu ada pada urutan2 jurus yang dipelajari dan tingkatan2 sabuknya.

      Thifan po khan itu memiliki 36 jurus yang dibagi ke dalam enam tingkatan, tingkat 1 s.d. tingkat 6. Jurus2 itu mempunyai urutan pembelajaran. Setiap aliran memiliki urutan masing2. Selain itu, warna sabuk yang digunakan juga berbeda…

        • raka
        • April 2nd, 2010

        sepengetahuan saya, ada perbedaan lainnya,, dari senamnya ada yang berbeda dan kekuatannya pu,, kalau tsufuk : Mengandalkan kecepatan, Po-khan : kekuatan, PTI: kecepatan & kekuatan,,,

        • jaka
        • May 14th, 2010

        raka bilang begitu karena dia ikut PTI, klo temanku bilang Tsufuk: fight pake otak, PTI : fight pke otot sj, Pokhan : mirip robot. daan ketika aku liat sendiri ternyata memang begitu….

        • Muhammad Fachrie
        • June 13th, 2010

        oh gitu ya.. saya justru baru tau tentang yang mas jaka sebutin itu… Yang penting kan bukan mana yang paling bagus, asalkan kita bisa berlatih serius, insya Allah hasilnya juga akan bagus.. tul gk?? ^_^

  2. Di Indonesia ada berapa aliran Thifan?

    • ichsan
    • September 23rd, 2009

    thifan di jakarta sekarang ada di mana yang dekat dengan daerah mampang prapatan?

    • NOVI DEWI TANJUNG
    • October 5th, 2009

    assalamualaikum.
    kalo mau belajar beladiri ini, dimana aja ya tempatnya? terutama untuk muslimah.
    mohon informasinya, terimakasih.

      • Muhammad Fachrie
      • February 19th, 2010

      wa’alaykumussalaam..

      Wah, mohon maaf, saya baru aktif ngeblogging lagi. Kemaren sempat menghilang dari dunia per-blog-an :)
      Kalo di Bandung, saya tahunya di daerah Pindad. Di sana biasanya suka ada latihan thifan. Kalo saya gk salah, di situ juga ada latihan khusus untuk para akhawat yang ingin belajar bela diri.
      Tapi kalo di daerah lain, saya nggak tau euy.. hehehe

    • Daryanto anto
    • March 4th, 2010

    Assalam..
    Afwan,Mo tanya t4 latihan yg da dtanjung priuk..daerah(semper) khususny..

      • Muhammad Fachrie
      • March 5th, 2010

      Wa’alaykumussalaam…

      ‘Afwan akhi, saya nggak tahu kalo di daerah tanjung priuk dan sekitarnya, coz saya latihannya di Bandung :D
      Coba search di google. ‘Afwan ya.

    • raka
    • April 2nd, 2010

    selain di pindad, ada juga thifan po-khan (bkn tsufuk) di salman (ITB) dan di jalan suci

      • agus
      • May 29th, 2010

      CP utk thifan po khan yg di salman (ITB) siapa ya, saya tertarik utk bergabung. terima kasih

        • Muhammad Fachrie
        • June 13th, 2010

        Hmm… saya nggak tau euy kalo CP thifan di ITB, karena saya juga sudah lama tidak latihan lagi :D

    • ade
    • November 7th, 2010

    aduh kang punten, jangan bilang gitu. pti pake otot saja, po khan kaya robot. semuanya pake otak. tapi yang saya tau, pti yang paling sesuai dengan buku thifan, dengan dibawah binaan langsung ustd marsedeq. narasumber yang masih hidup, dan insya allah beliau gurunya ustd. habib (tsufuk), dan ust. pupu (po khan) juga. setau ana pti dibuat untuk menggabungkan aliran thifan yang ada biar kembali sesuai dengan buku.

    • Nurmen
    • November 7th, 2010

    Kalau yg di jalan suci aliran yang mana n menta cp nya..

      • Muhammad Fachrie
      • February 10th, 2011

      maaf baru bales… saya kurang tahu kang.. soalnya sekarang sudah nggak aktif latihan thifan lagi.. mohon maaf :)

        • danny hamzah
        • December 10th, 2012

        Ane kenAl beliau dan masih konsisten dan sekarang punya kesibukan sendiri sebagai pengusaha yang sukses

    • harwanto
    • November 13th, 2010

    kenal dengan uct.iftidaain gk, bisa minta cp gak?

      • danny hamzah
      • December 10th, 2012

      Saya kenal dia baik baik saja sekarang punya kesibukan sendiri dan masih konsisten

  3. mungkin thifan belum bisa berkembang karenena kalah pamor dengan karate atau taekwondo yang kurang bermanfaat. atau juga orang sini lebih suka belajar pencak silat karena kembangannya terlihat halus

    • Aya
    • July 31st, 2011

    Assalamu’alaykum. utk info (walaupun pertanyaannya sudah lewat 1 tahun yg lalu), thifan lanah ITB ada utk ikhwan & akhwat. CPnya Kang Fajar (082128177267) utk ikhwan & Teh Ruri (085220680701) utk akhwat. Saya sendiri tamid thifan Putri Gading lanah ITB.

      • Muhammad Fachrie
      • November 6th, 2011

      Wa’alaykumussalaam.. Syukran atas infonya… apakah thifan lanah ITB ini masih ada koordinasi dengan thifan lanah pindad yg diasuh Ust. Asep?

  4. Mau thifan yang mana aja boleh, yang salah hanya karena beda aliran thifan jadi putus silaturahmi. salam Thifaners

    • danny hamzah
    • December 10th, 2012

    Para badur terutama kang habib kok gak konsisten

      • danny hamzah
      • December 10th, 2012

      Yang merasa di tsufuk jangan sombong semua lairan itu sama hebatnya yang ga hebat ya yang merasa hebat salam thifanners

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: