Ribuan Mahasiswa Rantau Kehilangan Hak Pilihnya


Assalaamu’alaykum.

2992534pBaru saja saya membaca berita terbaru di detik.com terkait PEMILU 2009 yang judulnya “Banyak Mahasiswa Tak Nyontreng, KPU Kecewa”. Saya justru menjadi bingung ketika membaca berita tersebut.

Kok bisa KPUnya bingung???

Padahal pihak mereka yang menolak permohonan DPT bagi mahasiswa rantau yang diajukan oleh BEM di beberapa kampus di Indonesia (esp. Bandung).

BEM KBM IT Telkom (Institut Teknologi Telkom), bersama dengan aliansi BEM se-Bandung Raya telah melakukan aksi menuntut adanya kemudahan bagi mahasiswa rantau untuk menggunakan hak pilihnya tanpa harus pulang ke daerah asal. Pada aksi yang diawali dari Gedung Sate hingga ke kantor KPU Jabar tersebut, pihak KPU menyatakan akan memberikan kemudahan bagi mahasiswa yang berasal dari luar Bandung agar bisa menggunakan hak pilihnya di Bandung. Pernyataan itu disambut baik oleh pihak mahasiswa.

Setelah pihak KPU Jabar menjelaskan mekanisme pendaftaran DPT bagi mahasiswa rantau, dengan segera pihak mahasiswa (BEM) melakukan pendataan di masing-masing kampus terhadap mahasiswa yang tidak mempunyai hak pilih di Bandung. Setelah diajukan ke pihak KPUD setempat, ternyata permohonan DPT tersebut ditolak. Pengajuan itu sudah dilakukan beberapa kali, tetapi tetap ditolak, dengan alasan bahwa mekanisme itu tidak sesuai dengan UU yang berlaku. Lalu, akan kemana suara kami???

WAJAR SAJA JIKA PARLEMEN ITU DIDOMINASI OLEH PARA POLITISI BUSUK YANG BERPIKIRAN DANGKAL DAN EGOIS, karena MEMANG sebagian besar yang memilih mereka bukan dari golongan mahasiswa yang intelek. Hak suara mahasiswa JUSTRU dihilangkan oleh UU. Lalu, apakah kita akan menyalahkan UU??

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: