DON’T LET PEOPLE LEAVE US BEHIND!


Adalah sebuah kebodohan jika kita mengatakan bahwa hidup ini hanya mengalir bagaikan air, hanya sekedar tunduk kepada arus kehidupan yang membawa kita tanpa pernah kita tahu dimana akan bermuara. Sebagian kita takut menghadapi hidupnya, setiap mendapatkan sebuah masalah, tidak pernah mau menghadapinya, malah justru mencari pelarian untuk menghindar darinya. Betul-betul rugi hidup kita jika menjadi manusia lemah yang tidak berdaya ketika masalah sepele datang tanpa berani kita menghadapinya. Apalagi jika kita tidak berani bermimpi besar tentang masa depan.

Beberapa kali saya mendengar jawaban dari beberapa teman mengenai rencana hidupnya. Tetapi jawabannya sangat disayangkan. Hanya kalimat “mengalir ajalah…” yang keluar dari lisan mereka. Seakan tidak ada lagi gairah hidup untuk merencanakan masa depan yang lebih baik. Atau misalnya mahasiswa, jika ditanya tentang cita-cita atau rencana setelah lulus, kebanyakan hanya berani menjawab “pengen kerja di perusahaan anu…”, tanpa ada rencana hidup yang lebih dari sekedar menjadi karyawan. Tapi ini bukan berarti saya menjelekkan profesi sebagai karyawan, asalkan bisa menjadi karyawan yang luar biasa, dalam artian mampu menjadi teladan dan mampu memberikan manfaat banyak bagi perusahaan.

Zaman ini tidak akan pernah berhenti berkembang hingga tiba saatnya nanti Malaikat Izrafil meniup sangkakala-nya. Ini berarti manusia harus mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman yang semakin pesat. Orang yang dahulunya jago mengetik dengan mesin tik, sekarang tidak available lagi jika harus menggunakan mesin tik lagi. Artinya, jika sekarang kita tidak mampu mengembangkan potensi diri, jangan tersinggung jika kita disebut kuno oleh orang lain.

Hidup itu penuh dengan persaingan. Ada pepatah yang mengatakan, siapa yang menguasai informasi, maka ia akan menguasai dunia. Hal ini juga berlaku terhadap potensi kita. Sebenarnya setiap orang itu punya potensi utama di dalam dirinya, hanya sayangnya tidak banyak orang yang mau menemukan potensi itu di dalam dirinya. Dr. ‘Aidh Al Qarni (penulis buku best seller Laa Tahzan) mengatakan “Setiap manusia itu memiliki potensi tertentu untuk mengerjakan pekerjaan tertentu pula”. Artinya setiap manusia itu memiliki peluang untuk sukses. Apalagi sebagai mahasiswa yang masih berjiwa muda, sayang sekali jika masa muda hanya diisi dengan rutinitas “kuliah-kantin-kosan”.

Coba kita bandingkan antara mahasiswa yang aktif di berbagai kegiatan kampus (misalnya di organisasi kemahasiswaan dan laboratorium) dengan mahasiswa yang hanya aktif di kegiatan kuliah saja. Saya yakin, sebagian mahasiswa yang aktif di kampus akan menguasai lebih banyak informasi ketimbang mahasiswa tipe kedua (mahasiswa kuliahan). Selain itu, jaringan persahabatan dan persaudaraan cenderung lebih banyak diperoleh oleh mahasiswa tipe pertama. Sayang sekali bukan?? Dari segi informasi saja sudah kalah, lalu bagaimana dengan hal lainnya. Okelah, memang tidak semua mahasiswa yang hanya aktif kuliah seperti itu. Tapi menurut saya, sangat disayangkan jika mahasiswa hanya kuliah saja, tanpa mampu memanfaatkan berbagai fasilitas yang telah disediakan oleh kampus untuk mengembangkan potensi softskill. Makanya, kita jangan mau ketinggalan dari orang lain. Jika orang lain bisa sukses dengan menonjolkan kemampuannya, kita pun bisa menemukan dan mencuatkan potensi diri kita. Rugi kita jika tertinggal dari orang lain.

Apabila kita masih belum mampu menemukan potensi diri kita, mintalah petunjuk dari Allah SWT. Mintalah pertolonganNya untuk membantu kita menemukan dan mengembangkan potensi diri. Yang penting, kita yakin bahwa kita bisa mengembangkan kemampuan diri dan dapat bersaing dengan orang lain di kehidupan yang ganas ini.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: