TERNYATA ALLAH INGIN KITA SEMUA MASUK SURGA


Bismillaahirrahmaanirrahiim,
Pernahkah kita memikirkan kenapa Allah menciptakan surga dan neraka? Untuk apa sebenarnya dua tempat yang saling bertolak belakang itu? Dalam pandangan saya, pada dasarnya keberadaan surga dan neraka itu adalah bentuk kemahaadilan Allah bagi makhuknya. Sesiapa yang beriman dan bertaqwa kepada Allah, sekalipun hidupnya di dunia menderita, maka Allah akan berikan surga kepadanya sebagai bayaran atas jerih payah keimanan dan ketaqwaannya. Sebaliknya, bagi siapa yang enggan menghiasi hidupnya dengan keridhaan Allah dan lebih senang dengan segala macam perhiasan dunia, maka sebagai gantinya Allah akan memberikan kengerian neraka kepadanya di akhirat kelak.

Keberadaan manusia di muka bumi ini dengan segala kenikmatan yang didapatkan, tidak lain merupakan hadiah dari Allah SWT bagi manusia. Tanpa adanya kasih sayang Allah kepada kita, mustahil manusia mampu bertahan hidup walau hanya sedetik saja. Rasanya, tidak terlewatkan barang sedetikpun nikmat Allah yang turun ke bumi selalu kita rasakan. Sayang, ternyata tidak banyak yang mau bersyukur atas semua itu.

Bentuk kasih sayang Allah yang jauh lebih besar lagi tercantum di dalam Al-Qur’an, Surat At-Tahrim ayat ke-6. Allah berfirman, “Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah diri dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan”. Jika kita perhatikan ayat ini, Allah SWT dengan tegas dan jelas menyuruh kepada kita (khususnya kepada suami selaku kepala keluarga) agar menjaga diri kita masing-masing dan keluarga kita agar tidak masuk ke dalam neraka. Di satu sisi, ini merupakan perintah yang tegas dari Allah kepada kita. Akan tetapi, jika kita renungkan lebih dalam, maka kita akan mendapatkan sesuatu yang sangat bermakna.

Ternyata, Allah menginginkan kita semua masuk ke dalam surgaNya. Allah ingin supaya kita semua berkumpul di dalam surgaNya dan merasakan segala kenikmatan yang Dia berikan. Allah memerintahkan kepada kita, khususnya para suami agar ia dan keluarganya dapat masuk ke surga. Oleh karena itu, kita harus selalu menghindari segala sesuatu yang dapat menarik kita ke dalam jurang neraka. Janganlah seorang suami memberikan makanan dan minuman haram kepada istri dan anak-anak kita, karena makanan dan minuman haram itu akan menjadi penyebab kita dan keluarga kita ikut masuk ke dalam neraka.

Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam. Dia mencintai dan menyayangi kita melebih kasih sayang kita kepada diri kita sendiri. Allaahu Akbar!

  1. Asslm w.w.

    Benarkah Manusia masuk surga karena kasih sayang Allah SWT, dan bukan karena amalan-amalan baiknya selama ybs hidup di dunia…

    Pertanyaan saya tsb karena adanya tawaran buku denga judul seperti pada pokok pertanyaan tsb , yang belum jelas siapa pengarangnya…

    Terima kasih sebelumnya..

    Wasslm w w.

    Dakhlan

      • Muhammad Fachrie
      • February 10th, 2011

      wa’alaykumussalaam…

      maaf, saya baru sempet bales…
      hmm… dari pelajaran yang saya dapatkan dari guru-guru dan sahabat2 saya, memang amal ibadah manusia tidak akan pernah bisa menebus surga Allah SWT.. sebagaimana penjelasan yang saya tulis pada artikel tersebut… Nikmat bola mata saja jika ditimbang dengan seluruh amal ibadah kita, jauh lebih berat ketimbang seluruh amal kita dari kita balligh sampai kita wafat.. wallaahu a’laam.

      btw, trims atas komennya

    • iwanrach
    • January 23rd, 2011

    benar banget,jangan bermimpi klu amalan kita yang membawa ke surga,tapi dengan amalan kita kasih sayang Alloh SWT akan datang

    • leo
    • July 26th, 2012

    kita masuk surga hanya atas izin allah swt, dan peranan amalan kita di dunialah yang menentukan di surga tingkat mana nanti kita melanjutkan…
    setidaknya itulah yang di ajarkan guru saya

    • budi
    • October 26th, 2013

    Alloh merahmati hambanya karena amal sholehnya, secara logika saja mana mungkin orang durhaka sampai ajalnya mendapat rahmat.., kecuali sudah bertobat dahulu sebelum meninggal..,, jadi jangan terus berpedoman amal tidak brguna…, itu keliru, justru sebaliknya marilah kita beramal sholeh yang sebanyak-banyaknya agar Alloh mencintai kita, sehingga Alloh kasihani kita dan merahmati kita, AAllohu’alam…

      • Muhammad Fachrie
      • October 17th, 2015

      Ya betul… rahmat Allah turun pada kita karena ada keta’atan kita kepadaNYA

    • aisyah
    • October 12th, 2014

    saya mau tanya,katanya semua orang islam akan masuk surga meskipun harus menebus semua kesalahannya terlebih dahulu di neraka dan baru akan di masukkan ke surga,benarkah itu?

      • Muhammad Fachrie
      • October 17th, 2015

      Ya betul. Misalnya, ada orang Islam namun dia jarang sholat, maka dia akan disiksa terlebih dahulu di neraka sebagai hukuman atas dosa2nya meninggalkan shalat, namun setelah itu ia akan dimasukkan ke dalam surga.

  1. February 17th, 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: