Musim Hujan: “ALLAH INGIN KITA BANYAK BERDO’A”


Bismillaahirrahmaanirrahiim,

Mungkin kita adalah salah satu dari sekian banyak orang yang sering mengeluh jika hujan turun, atau mungkin kita adalah orang selalu mengeluh ketika hujan turun. Seolah-olah kita telah menyalahkan Sang pemberi hujan, menganggap bahwa hujan telah mengganggu kelancaran aktivitas kita. Inilah salah satu kelemahan manusia yang terkadang “tidak tahu diri”, ingin hidup serba enak, tapi disuruh bersyukur tidak mau.

Saya rasa kita semua tahu bahwa hujan itu adalah sebagian kecil dari nikmat Allah kepada hambaNya. Namun pada kondisi tertentu, ia bisa menjadi musibah bagi manusia. Akan tetapi, sekalipun hujan bisa menimbulkan musibah bagi manusia, tapi di situlah letak kasih sayang Allah kepada kita. Kenapa? Karena pada saat itulah kita mendapatkan ujian dari Allah, barang siapa yang lulus ujian, maka ia akan bertambah derajat ketaqwaannya di mata Allah. Makanya, pada dasarnya tidak ada alasan bagi kita untuk mengeluh jika hujan turun, sekalipun mengakibatkan beberapa aktivitas kita terhambat.

Coba deh kita pikirkan lebih dalam, sebenarnya kenapa sih Allah menurunkan hujan pada beberapa bulan terakhir ini hampir setiap hari? Sebelum kita jawab pertanyaan ini, kita semua harus menanamkan kepahaman di hati kita masing-masing bahwa segala sesuatu yang berasal dari Allah tidak ada yang sia-sia, karena semuanya mengandung manfaat dan tujuan, walaupun kita sering tidak menyadari keberadaan manfaat dan tujuan itu. Allah SWT pun telah berfirman dalam Surat Ali Imran bahwa tidaklah Allah menciptakan segala sesuatu itu dengan sia-sia.

Ketika pemahaman tadi sudah kita kuasai, maka insya Allah kita bisa menjawab pertanyaan tadi. Satu hal yang saya ketahui, bahwa salah satu waktu yang mustajab untuk berdo’a itu adalah pada saat hujan turun ke bumi. Subhaanallah, barulah kita sadari ternyata Allah SWT ingin kita banyak berdo’a kepadaNya di saat hujan turun. Allah merindukan rintihan do’a dari hamba-hambaNya yang shalih. Allah ingin menebarkan rahmatNya kepada para hambanya yang senantiasa berdo’a kepadaNya. Imam Nawawi mengatakan bahwa salah satu penyebab do’a pada waktu hujan tidak ditolak atau jarang ditolak ialah karena pada saat itu sedang turun rahmat Allah SWT, khususnya curahan hujan pertama di awal musim (Fathul Qadir 3/ 340).

So, masih berpikir untuk mengeluh ketika hujan turun? ^_^

    • auliaafifhuda
    • March 22nd, 2010

    hihihi
    nice share om fachrie
    blogroll balik yah😀

      • Muhammad Fachrie
      • March 24th, 2010

      li, alamat blogmu apa??

  1. di bogor, dari 360 hari, cuma 60 hari yang kering, selebihnya? Hujan.
    Sering2 ke bogor biar bisa berdoa ri🙂

      • Muhammad Fachrie
      • February 10th, 2011

      hehehe…. alangke repotnya tiap kali nak bedo’a harus ke bogor dulu😀

      kau la lulus belum, des??

  2. nice post ka,
    ijin ngelink ya

      • Muhammad Fachrie
      • February 10th, 2011

      mangga…

    • ersa
    • April 19th, 2013

    ijin share gambar y. thx🙂

      • Muhammad Fachrie
      • April 29th, 2013

      Silakan🙂

    • vikri aulia rahman
    • November 6th, 2013

    assalaamu’alaikum admin blog yang saya hormati ,, saya mau tanya ,, adakah dalil yang sohih yang menjelaskan salah satu moment terkabulnya do’a adalah ketika turunnya hujan ??

    sebe;lumnya terima kasih …

      • Muhammad Fachrie
      • October 17th, 2015

      Maaf baru dibalas sekarang…

      “Hujan adalah nikmat Allah Ta’ala. Oleh karena itu tidak boleh mencelanya. Sebagian orang merasa jengkel dengan turunnya hujan, padahal yang menurunkan hujan tidak lain adalah Allah Ta’ala. Oleh karena itu, daripada tenggelam dalam rasa jengkel lebih baik memanfaatkan waktu hujan untuk berdoa memohon apa yang diinginkan kepada Allah Ta’ala:

      ثنتان ما تردان : الدعاء عند النداء ، و تحت المطر

      “Doa tidak tertolak pada 2 waktu, yaitu ketika adzan berkumandang dan ketika hujan turun” (HR Al Hakim, 2534, dishahihkan Al Albani di Shahih Al Jami’, 3078)”

      sumber: http://muslim.or.id/3853-waktu-waktu-terkabulnya-doa.html

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: